tahukah anda??

1. Tahukah anda hewan tercepat di muka Bumi? jawabannya adalah seekor burung yang bernama The Peregrine Falcon (Falco peregrinus) tercatat kecepatannya bisa sampai 390km/jam (242,3 mph) burung ini mengalahkan Cheetah yang mempunyai kecepatan berkisar 114 km/jam (70 mph). Bahkan burung ini lebih cepat dmobil balap F1 yang mempunyai kecepatan tertinggi 370km/jam (229 mph). Populasi hewan ini tersebar diseluruh benua kecuali Antartika. Hewan ini terancam punah akibat rusaknya habitat mereka akibat aktivitas manusia.

2. Danau Laut Mati yang membujur di daerah antara Israel dan Yordania memiliki sejumlah keunikan yang patut diperhatikan. Danau Laut Mati merupakan tempat terendah di dunia dengan ketinggian 417,5 meter di bawah permukaan laut! Selain itu, Danau Laut Mati memiliki kadar keasinan air mencapai 33%. Maka tak heran banyak wisatawan dari seluruh dunia datang untuk mengapung di laut itu. Karena kadar keasinannya itu, hampir tidak mungkin makhluk hidup bertahan di dalam Danau Laut Mati. Namun begitu, sejumlah jenis bakteri tertentu masih mampu bertahan di danau tersebut. Sekedar informasi, lumpur Danau Laut Mati sangat berkhasiat.

3. Menurut para ilmuwan, hewan yang memiliki suara paling keras adalah ikan paus biru (Balaenoptera Musculus), yang juga menyandang gelar sebagai hewan terbesar di bumi. Suara ikan paus biru mencapai 188 desibel. Angka ini sama dengan 1 juta kali suara mesin jet (120-130 desibel). Perlu diingat bahwa tingkat kekerasan suara bertambah secara logaritmis. Ini berarti setiap kenaikan 10 desibel berarti peningkatan suara hingga 10 kali.

facebook Follow bimono1 on Twitter

Comments :

0 komentar to “tahukah anda??”

Post a Comment